Apa Itu Calistung???

Singkatan Calistung dari  adalahdari membaca, menulis, dan berhitung. Calistung merupakan kegiatan belajar pada anak utuk mengenal huruf dan angka.

52-calistung

Maka dari itu, banyak orang tua yang menyekolahkan dan memaksa anak harus bisa calistung saat duduk di pra sekolah. Ditambah lagi ada beberapa Sekolah Dasar (SD) mensyaratkan anak yang akan masuk SD harus sudah bisa membaca, tatapi ternyata hal ini  tak baik bagi kondisi anak.

Yuwanita Eka Putri yang  aktif mengajar di Taman Bermain Pelangi menyatakan , memaksa anak agar belajar terutama belajar calistung akan mengganggu perkembangannya, bahkan orangtua bisa melewatkan masa perkembangan anak yang penuh warna dengan bermain.

BACA JUGA : 5. Tips Memilih Guru Les Privat yang Berkualitas dan Profesional

Tahapan perkembangan kemampuan calistung bukanlah keterampilan yang dapat begitu saja dikuasai anak. Terdapat keterampilan-keterampilan pendahuluan yang harus dimiliki anak untuk akhirnya bisa calistung sebagai modal menapaki pendidikan setinggi-tingginya.

Pada masa golden age, yaitu ketika anak usia 0–6 tahun. Pada masa ini, sebetulnya otak anak sedang mudah-mudahnya menyerap informasi yang dilihat dan dipelajari.

Yuwanita mengatakan, untuk usia 2–3 tahun, anak bisa mengikuti kelas toddler. Di kelas toddler 2 tahun, anak diajarkan bagaimana cara bersosialisasi, bermain, dan memang konsepnya belum untuk belajar. Sedangkan kelas berikutnya, yaitu usia 3 tahun, anak sudah diperkenalkan warna, angka 1–5, bentuk-bentuk datar, segitiga, dan sebagainya.

Selanjutnya ketika anak menginjak usia 4 tahun, ia mulai masuk Taman Kanak-kanak (TK) A serta masih diperkenalkan nama, bagian tubuh, sekolah, nama kendaraan transportasi, pantai, dan laut. Setahun kemudian, di TK B, metode belajarnya juga tidak jauh dengan TK A. Namun, tentunya dengan kesulitan tingkat yang berbeda.

Jadi anak-anak usia 0–6 tahun ini diajarkan bermain dengan teman-temannya untuk bersosialisasi supaya anak tidak jadi pemalu. Ketika bertemu teman, anak menjadi riang dan tidak diam, lalu menangis. Semoga bermanfaat..:)

Leave a Reply