Puasa Bukan penghalang Si Kecil Untuk Selalu Semangat dan Sehat

Mungkin akan terasa berat bagi anak-anak, menjalani puasa selama satu hari penuh.  Tentu saja hal ini merupakan hal yang sangat wajar, karena anak-anak tidak pernah sengaja untuk menahan diri dari rasa haus dan lapar dalam waktu yang cukup lama. tetapi, sebaiknya orangtua tidak perlu khawatir karena pengenalan puasa bisa dilakukan secara bertahap dan tentu saja sesuai dengan kemampuan daya tahan tubuh pada anak, karena setiap anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda.

artikel_hero_anak_belajar_puasa.original.jpegquality-90

Berikut ini beberapa tips agar anak-anak tetap semangat dan juga sehat saat mereka menjalani puasa pertamanya.

 

  • Ceritakan pada Si Kecil Makna Tentang Puasa

Sebaiknya orangtua terlebih dahulu mengenalkan arti puasa yang sesungguhnya kepada anak-anak. Penjelasan bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang paling dimengerti oleh anak-anak. Selain itu, bisa juga bercerita melalui dongeng bergambar rohani, sehingga anak akan semakin tertarik untuk mengenal makna puasa yang sesungguhnya.

Jangan lupa ajarkan juga kenapa keluarga butuh menjalankan ibadah puasa dan jelaskan apa saja yang dapat membuat puasa Si Kecil batal. Tunjukan juga manfaat dari puasa untuk Si Kecil. Dengan begitu, anak-anak akan termotivasi untuk menjalankan ibadah puasa.

Hargai setiap keputusan anak pada saat anak melakukan ibadah puasa, agar anak tetap semangat menjalani ibadah puasa. Jangan paksa anak, biarkan anak melakukan ibadah puasa sesuai keinginannya.

 

  • Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Ibadah Puasa 

 

Buatlah puasa menjadi waktu yang selalu dinantikan oleh anak-anak. Ajarkan bahwa puasa tidak hanya menahan haus dan lapar, tetapi puasa juga bisa diartikan berbagi kepada orang lain atau orang yang membutuhkan. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, orangtua bisa mengajarkan anak untuk berbagi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan makanan berbuka bagi orang-orang yang membutuhkan. Orangtua juga bisa mengajak anak menyaksikan dongeng kisah-kisah nabi melalui DVD. Selain itu, membuat kue atau masakan untuk berbuka puasa bersama di rumah juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Ini adalah salah satu trik jitu yang bisa digunakan sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan anak-anak.

 

  • Jangan Lupa Sajikan Menu Sahur dan Berbuka yang Menyenangkan Untuk Si Kecil

 

Tidak ada salahnya ibu bertanya kepada Si Kecil apa yang diinginkannya untuk menu berbuka maupun sahur. Ibu bisa membuatkan menu yang diinginkan oleh Si Kecil. Dengan begitu, anak akan semangat saat menjalankan sahur dan juga berbuka.

Untuk menu sahur, sebaiknya ibu tetap memperhatikan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk menjalani ibadah puasa selama satu hari. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang atau spageti, agar anak tidak merasa cepat lapar pada siang hari. Pada waktu berbuka, ibu bisa menyiapkan puding yang berwarna warni dan juga buah-buahan dengan kandungan air yang cukup tinggi, dengan begitu anak bisa terhindar dari dehidrasi.

 

  • Berikan Si Kecil Pujian

 

Salah satu cara lain untuk mengajarkan anak semangat berpuasa adalah dengan memberikannya pujian. Tidak ada salahnya memberikan pujian pada anak jika telah berhasil melakukan ibadah puasa selama satu hari. Sebaliknya, jika anak belum bisa berpuasa selama satu hari penuh, ajak anak untuk duduk bersama saat berbuka. Berikanlah anak semangat dan dorongan untuk melakukan puasa lagi pada keesokan harinya. Orangtua juga boleh memberikan hadiah untuk anak jika berhasil melakukan ibadah puasa dengan baik, asal hadiahnya jangan terlalu berlebihan, ya.

Leave a Reply