Tentang Kami

Featured

Organisasi Ekstra Adalah Satu Cara Menghapus Radikalisme di Kampus

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Nuhfil Hanani optimistis pelibatan organisasi ekstra dalam pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Kampus (UKMPIB) efektif meniadakan radikalisme di kampus. Menurut dia, organisasi ekstra terutama yang tergabung dalam Cipayung Plus terbukti sangat nasionalisme.

“Saya bersama rektor IPB pernah jadi narasumber dalam pertemuan tentang radikalisme dulu. Itu kesimpulannya (radikalisme) tidak ditemukan pada organisasi ekstra. Logikanya kalau organisasi ekstra dilibatkan akan hilang radikalisme,” kata Nuhfil kepada Republika, Senin (5/11).

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) 55/2018 tentang Pembinaan Ideologi Kebangsaan dalam Kegiatan Mahasiswa di Kampus juga dinilai tidak berlebihan. Menurut dia kebijakan tersebut bisa berdampak positif bagi semua sivitas akademik.

“Kata siapa berlebihan? saya rasa tidak. Aturan ini malah baik,” tegas dia.

Diketahui, pada Senin (29/10) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah meluncurkan Peraturan Menristekdikti (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Peluncuran Permenristekdikti tersebut sebagai upaya pemerintah menekan paham-paham intoleran dan radikalisme di kampus.

Menristekdikti Muhammad Nasir menyampaikan, berdasar pada survei Alvara Research Center dengan responden 1.800 mahasiswa di 25 Perguruan Tinggi diindikasikan ada sebanyak 19,6 persen mendukung peraturan daerah (Perda) Syari’ah. Lalu 25,3 persen diantaranya setuju dibentuknya negara Islam, 16,9 persen mendukung ideologi Islam, 29,5 persen tidak mendukung pemimpin Islam dan sekitar 2,5 persen berpotensi radikal.

Permenristekdikti tersebut juga mengatur agar semua kampus wajib membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKMPIB). UKMPIB berada di pengawasan rektor dan mahasiswa organisasi ekstra boleh bergabung dan menjadi salah satu pengawal ideologi dalam UKMPIB. (Rpbk).

 

Alfaro, Paskibraka 2019 Dari DKI Jakarta

Wakil Kepala Sekolah SMA Al-Izhar Pondok Labu, Chairiman mengungkapkan rasa bangga atas siswanya yang terpilih sebagai calon anggota Paskibraka “Alfaro siswa yang dalam belajarnya semangat, terus punya kemampuan yang baik dalam menyerap beberapa mata pelajaran,”

 

Alfaro akan bertugas di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 17 Agustus mendatang, Alfaro merupakan siswa berprestasi. “Sportif anaknya, kemudian energik. Yang pasti ketika punya sesuatu yang ingin dia miliki dia akan lakukan itu,” Chairiman melanjutkan.

Dia menjelaskan, siswa kelas XI ini adalah salah satu pemain basket andalan di sekolahnya. Bahkan, Alfaro juga kerap berlaga dalam liga bola basket pelajar terbesar di Indonesia, yakni Honda Developmental Basketball League (DBL).

“Kemarin sampai dengan langkahnya championship untuk DKI Jakarta ya, dan dia termasuk bagian dari pemain yang favorit, pemain basket,” ujar Chairiman.

Chairiman menambahkan, pihaknya juga akan terus mendukung Alfaro dari segi mata pelajaran. Saat ini, Alfaro akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) selama sebulan guna mempersiapkan dirinya sebagai calon Paskibraka Nasional 2019.

Karena itu, sekolah Al-Izhar telah menyiapkan sebuah program khusus agar Alfaro tidak tertinggal dalam belajar.

Rotasi Guru Akan di Berlakukan Berbasiskan Pada Sistem Zonasi

Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyatakan, sistem zonasi diterapkan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan segera di susul dengan penerapan rotasi guru berdasarkan pada sistem zonasi.

“Setelah digunakan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), maka akan dilakukan rotasi guru dalam waktu dekat,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Senin (29/7).

 

Dengan rotasi guru di harapkan pemerataan kualitas pendidikan Guru yang bagus tidak hanya mengajar di sekolah bagus, tetapi juga dipindah ke sekolah yang  lain agar kualitas sekolah itu juga meningkat.

Muhadjir Effendy menegaskan  tidak boleh ada bantuan yang menumpuk di suatu sekolah padahal sekolah lain juga membutuhkan. Untuk penanganan sarana prasarana juga harus sesuai dengan kondisi di zona itu  itu. “Untuk penanganan sarana prasarana harus lebih betul-betul terseleksi dan terarah sesuai dengan tingkat ketimpangan sarana di zona masing-masing,” kata Mendikbud.

Beliau juga menyatakan sistem zonasi juga akan membantu untuk pemetaan sekolah yang membutuhkan bantuan. “Dengan adanya sistem zonasi ini, maka akan ketahuan mana sekolah yang memerlukan bantuan mana yang tidak,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Les Privat Terbaik

Layanan Les Privat Terbaik Terpercaya Jabodetabek :

Les Privat Nusantara( LPN ) menawarkan Program Siap Ujian Nasional dan SBMPTN dengan pengajar terbaik dan berpengalaman. Ujian Nasional (UN) SD, SMP dan SMA serta SBMPTN dan Ujian Masuk Lainnya.

    • Guru Terbaik & Berpengalaman
    • Belajar Intensif
    • Pendalaman Materi & Latihan Soal
    • Fokus Pada Target

LES PRIVAT NUSANTARA melayani Les Privat Guru Datang ke Rumah :

    • Les Privat Reguler
    • Les Privat Intensif
    • Les Privat Bahasa
    • Les Privat Kurikulum Internasional

Les Privat Reguler adalah Les Privat untuk tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. Les Privat Reguler dimaksudkan untuk menunjang belajar siswa dalam pelajaran sehari-hari. Dalam paket ini, siswa akan difokuskan untuk memahami konsep serta memperdalam materi pelajaran.

Les Privat Intensif adalah Les Privat untuk tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa dalam persiapan menuju UAS dan Ujian Nasional (UN). Selain itu, Les Privat Intensif juga dimaksudkan untuk persiapan Ujian Masuk Perguruan Tinggi seperti SBMPTN, SIMAK UI, Seleksi Masuk STAN/STIS, Ujian Masuk UGM. Ujian Masuk ITB dan Ujian masuk kampus lainnya. Dalam paket ini, siswa akan difokuskan untuk memahami konsep serta menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar.

Les Privat Bahasa adalah Les Privat untuk SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan Umum. Paket ini dimaksudkan untuk mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda, Bahasa Prancis, dan bahasa lainnya.

Les Privat Kurikulum Internasional adalah les privat untuk siswa SD, SMP, SMA dan Mahasiswa dengan kurikulum Internasional di sekolahnya. Kurikulum Internasional yang kami layani antara lain IB, IGCSE, dan Cambridge.

Keunggulan Les Privat NUSANTARA :

  • Didirikan dan dikelola alumni universitas Indonesia ( UI )
  • Berpengalaman lebih dari 8 tahun
  • Didukung oleh tenaga pengajar TERBAIK dan BERPENGALAMAN
  • Fokus layanan kami adalah peningkatan prestasi siswa dan kepuasan para kliennya

Yang didapatkan dari Les Privat NusaNTARA :

  • Belajar privat satu siswa satu pengajar
  • Konsultasi
  • Mencapai target yang diinginkan
  • Rekomendasi buku belajar siswa
  • Laporan hasil belajar siswa secara berkala
  • Tugas/latihan pendalaman materi
  • Pendampingan belajar menjelang ujian

Layanan belajar Les Privat NUSANTARA :

  • Bimbingan belajar guru datang ke rumah
  • Bimbingan belajar satu guru satu siswa
  • Bimbingan belajar kelompok
  • Bimbingan belajar intensif
  • Bimbingan belajar paket per bulan

Les Privat Terbaik di Depok

Les Privat Nusantara didirikan oleh para alumni Universitas Indonesia (UI) yang berpengalaman dalam bidang pelayanan Les Privat ke Rumah sejak tahun 2008. Didukung pengajar terbaik dari kampus UI, UNJ, UIN, STAN, STIS dll.